Kamis, 31 Desember 2020

PERFECT


Peristiwa di awal tahun 2020

      Tahun 2020 dianggap sebagai tahun yang penuh cobaan dan penderitaan bagi seluruh umat manusia di bumi. Di Indonesia dimulai pada bulan Januari ketika banjir melanda Jakarta dan menewaskan hampir 66 orang dan 400.000 penduduk harus mengungsi. Kejadian banjir memang bukan hal yang asing lagi di Jakarta, karena hampir setiap tahun selalu menjadi bencana tetap bagi warganya. Pada bulan Januari yang lalu banjir besar menyapu 182 lingkungan di Jakarta dan membuat banyak kerugian yang diderita warga. Bulan Februari sesuai data BNPB, terdapat 652 bencana yang terjadi di Indonesia; dimulai dari banjir, angin puting beliung, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, gempa bumi, kekeringan dan gelombang pasang. Awal Maret intensitas hujan masih tinggi yang terjadi di daerah Sumatera, Sulawesi dan Papua; sehingga masyarakat diminta untuk lebih sadar membuang sampah di tempat yang semestinya. Demikian pula gempa bumi di bulan Maret melanda beberapa daerah di Indonesia; Aceh dan Nias, Lampung, selat Sunda, Jawa-Barat, Bali dan Lombok, Sumba Alor dan Kupang, Ambon, dan Seram, Sulawesi tengah dan Sulawesi Utara, laut Maluku, Mamberano Papua. 

                                                         

                                                                                 Foto dari CNN  


                                        

                                                           Foto dari Liputan 6                                                                                       

                                       

                                                                                           Foto dari Viva


    Virus Covid-19 

        Pada tanggal 2 Maret 2020 Presiden Jokowi mengumumkan terdapat dua orang warga Indonesia yang terjangkit virus Covid-19 sehingga seluruh masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan virus tersebut. Akan tetapi sejak pengumuman tersebut diberikan, ternyata virus ganas itu telah menyebar luas ke jakarta dan kemudian ke seluruh Indonesia. Bulan April pemerintah Indonesia mengumumkan sebagai awal masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Kantor-kantor, pabrik, pusat belanja dan mall serta semua tempat yang melibatkan aktifitas publik ditutup dan dihentikan. Transportasi publik berhenti dan hanya kegiatan di Rumah Sakit, kantor polisi serta kantor pemerintah yang dinyatakan harus tetap buka dengan protokol ketat dan menjaga jarak satu sama lain. Kegiatan pasar dan masyarakat terhenti yang mengakibatkan ribuan pekerja kehilangan pekerjaan karena terhentinya kegiatan produksi dan pasar. Beberapa toko harus tutup karena gulung tikar. Keresahan masyarakat mulai semakin tinggi ketika terjadi keributan di ruang publik karena banyak yang merasa harus melindungi diri dengan masker dan cairan sanitizer yang persediannya habis di pasaran. Kekhawatiran akan bahan pangan mulai terasa di mana-mana, khususnya di tempat perbelanjaan yang menjadi sasaran semuaorang untuk belanja secara membabi-buta. Peristiwa ini tidak hanya terjadi di Indonesia, di seluruh penjuru dunia masyarakat mulai bereaksi dan takut terhadap virus covid-19 yang menyerang secara masif dan memakan korban di mana-mana. Sumbu dunia yang berputar mulai terhenti, bumi seakan mati dan kehidupan mulai dirasa menghilang secara perlahan-lahan. 
       Sejak bulan April sampai tulisan ini dibuat, virus covid-19 masih menyebar secara ganas di Indonesia,  dan untuk pertama kalinya perayaan Tahun Baru dirayakan dengan tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan kerumunan di manapun. Namun, peraturan untuk tetap di rumah tentu tidak mudah dilaksanakan, sebab bagaimananpun dalam kondisi apapun semua orang masih ingin merasakan suasana perhitungan detik perpisahan dengan tahun 2020. Di beberapa daerah dan lingkungan rumah masih merayakan malam tahun baru dengan menyalakan kembang api dan petasan, beberapa komunitas dalam masyarakat tetap melakukan kegiatan bersama membakar jagung, berkumpul dan menikmati kebersamaan diikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Walaupun demikian suasana malam tahun baru masih terasa berbeda dan tidak menampakkan suasana kegembiraan yang sesungguhnya, sebab sebagian orang tetap dirawat di rumah sakit, juga ada yang melakukan isolasi mandiri dan tidak bepergian. Suasana yang terlihat sungguh berbeda terasa pilu dan menyedihkan.
          
                                                      

                                                                          Foto dari Bisnis.com   
                      

                                                                Foto dari CNNindonesia

                                         
                                           

                                                                           Foto dari liputan6.com


       
  Memaknai kehadiran setiap peristiwa
  
          Semua peristiwa yang terjadi di tahun 2020 memang membawa kesan tersendiri. Banyak yang menganggap di balik bagusnya angka 2020, tersimpan kesedihan dan penderitaan yang dirasakan manusia. Virus covid yang masih belum teratasi, walaupun ada upaya mencegah dengan vaksin, belum mampu mengurangi angka kematian dan penderita di Indonesia. Para pekerja yang kehilangan pekerjaan dan pendapatannya masih menyimpan luka untuk bertahan di tengah kesusahan hidup dan kesulitan mencari pekerjaan baru. Kaum pebisnis dan para pedagang harus menghitung secara matang berapa kerugian dan keuntungan yang harus dipertaruhkan kembali di pasar modal. Anak-anak sekolah, mahasiswa dan para pendidik harus berhadapan dengan sistem belajar online dan entah sampai kapan mereka harus berbicara di depan layar komputer yang berisikan wajah para guru, dosen dan teman sekolah mereka. Sementara itu para pejaja makanan dan penjual barang kelontong yang setiap hari mengadu nasib di jalanan merasa ketidakpastian semakin merongrong kehidupan mereka dan kesusahan semain melekat dengan keseharian mereka. Peristiwa yang terdampak atas menyebarnya virus covid-19 ini memang bukanlah hal yang sepele. Manusia di penjuru dunia mengalami ketidakpastian dan semakin tidak tenang, semua sendi kehidupan terjungkal balik di luar perkiraan dan menjadi semakin tidak menentu, namun tetap harus dihadapi dengan hati kuat dan jiwa stoik. Permasalahannya sekarang sejauh mana manusia mampu menghadapi kondisi yang serba tidak pasti ini, sementara mereka telah lama dininabobokkan dengan segala hal yang terasa pasti dan membuat hidup menjadi nyaman.
         Di sisi lain atas peristiwa tahun 2020 ini adalah tidak semua mahluk bumi menderita. Hewan dan tumbuhan, jika mereka mampu berpendapat dan bicara, mereka akan mengatakan bahwa setelah lima bulan penerbangan dihentikan, pabrik-pabrik tidak beroperasi, langit yang tadinya kelam dan penuh dengan kotoran avtur dan cerobong asap, saat ini benar-benar cerah dan memberikan oksigen segar bagi burung yang beterbangan. Hutan yang sering dieksploitasi oleh manusia demi kepentingan bisnis dan hawa nafsu mereka, sekarang dapat tumbuh dengan segar dan merdeka tanpa ada ancaman penebangan liar dan pengrusakkan lingkungan. Sementara itu hewan peliharaan yang dianggap berbahaya harus dijaga dengan baik dan dirawat oleh para pemelihara binatang dengan intensitas tinggi, sehingga para anjing, kucing peliharaan bukan hanya sekadar binatang penyambut dan hiburan semata bagi tuan-tuan mereka. Alam berubah dan tersenyum cerah, sebab tingkat polusi berkurang drastis, karena pabrik-pabrik dan pengolahan limbah harus mengurangi kegiatan mereka. Hal ini tentu membawa keuntungan bukan hanya untuk alam, tetapi untuk mahluk hidup di bumi termasuk manusia. Alam sejenak bernapas lega, dan warna cerah serta ketenangan benar-benar terasa selama hampir lima bulan terhentinya seluruh kegiatan manusia di bumi.

                                     

                                                    Foto dari detikhealth.com


                            

                                                                         Foto dari suara.com


       

                       Foto dari merdeka.com


    Selamat Tinggal 2020, Selamat Datang 2021

           Tidak semua peristiwa di tahun 2020 membawa penderitaan dan kesedihan. Jika kita dengan bijak melihat, peristiwa pandemi korona ini membawa satu perubahan yang dahsyat dan tidak semua kita simpulkan sebagai peristiwa yang menyedihkan. Memang banyak yang kehilangan pekerjaan, dan masih banyak yang terbaring sakit akibat dampak virus yang merusak organ tubuh. Namun kita dapat melihat dampak yang positif dengan mulai pedulinya masyarakat terhadap pola hidup bersih dan sehat. Masyarakat mulai belajar mengelola kehidupan mereka dengan baik dan tidak sembarangan hanya karena ingin hidup senang. Olahraga pagi, menjaga pola makan sehat serta meningkatkan hidup bersih di lingkungan sekitar sudah menjadi kebiasaan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia. 
         Kita memang patut bermenung tentang hidup yang kita jalani saat ini. Perubahan drastis yang memacu kita untuk terus berpikir dan berintrospeksi apa yang harus kita lakukan untuk dapat hidup lebih baik lagi di balik derita pandemi selama satu tahun ini, bahkan masih terus berlangsung sampai sekarang. Kita mungkin perlu duduk dan menyendiri untuk melihat kembali tentang alam yang telah diberikan kepada kita, lingkungan hidup yang hadir bagi kita serta semua orang yang setiap pagi kita sapa dan beri salam adalah suatu anugerah besar yang harus kita jaga dan pelihara mulai saat ini. Kalau dulu kita hanya sibuk dengan kesenangan dan upaya mengejar hidup mewah, tapi sekarang kita dituntut untuk hidup sehat dan mengejar kebaikan bagi alam dan sesama kita di bumi.
        Melalui permenungan menyambut Tahun Baru 2021, saya menghadirkan tulisan ini sebagai permenungan satu tahun yang sempurna. Mengapa saya katakan sempurna? sebab saya sendiri belajar untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru, kejutan-kejutan yang menghampiri tanpa basa-basi dan meluluhlantakkan kesigapan saya sebagai seorang individu. Akan tetapi kondisi ini rupanya memang harus hadir bersamaan dengan derasnya serangan virus covid-19. Selain itu kita juga mulai terbiasa untuk tidak menyusun rencana dengan segudang harapan yang pada akhirnya menyisakan luka dan kepedihan karena harus berubah total akibat virus ganas yang kemudian merubah segalanya. Saya melihat kepedihan dan kedukaan yang dirasa manusia di bumi adalah kesedihan yang sempurna yang merubah total ruang dan lingkungan hidup manusia. Kita dituntut untuk menerima apapun itu yang telah ada dan tidak kuasa untuk menolaknya dan kemudian berusaha untuk beradaptasi. Sementara itu sukacita yang dirasakan alam adalah kegembiraan yang sempurna, karena alam bisa kembali menata kondisinya yang telah carut-marut tergilas hukum bisnis dan ego manusia. Semuanya terjadi dan bergulir secara sempurna.
       
Mari kita menyambut Tahun Baru 2021 dengan penuh semangat dan optimis untuk dapat beradaptasi dengan pola hidup baru dan penuh misteri ini, sebab bagaimanapun juga semua yang terhadirkan tentu akan dan tetap ada terus secara sempurna. Tinggal bagaimana cara pandang kita menghadapi kondisi ini setiap saat dan tidak lantas menjadi putus asa. 

      Saya tergelitk untuk mengunduh sebuah lagu yang dibawakan oleh dua penyanyi hebat dan beda generasi. Andrea Bocelli dari Italia sebagai penyanyi classic berpasangan dengan penyanyi muda sekaligus penulis lagu berbakat asal Inggris Ed Sheeran. Lagu ini menceritakan perasaan seseorang terhadap kekasihnya yang hadir sebagai sosok yang sempurna, cara mereka berdua membawakan lagu ini sangat menarik perhatian saya; mereka asyik menikmati kesulitan dan tantangan yang ada dalam lagu tersebut. Perfect adalah judul lagu yang memang saya pilih sebagai penutup tulisan saya untuk mengajak anda para pembaca melihat kondisi sempurna yang dapat kita raih di tahun 2021 setelah kita meninggalkan tahun 2020. Sama seperti Ed Sheeran dan Andrea Bocelli yang menyanyikan lagu mereka dan merasakan kesempurnaan disetiap lirik dan lantunan iramanya.

           Selamat Menyanyi......

                     

Video diunggah dari YouTube

1 komentar:

  1. Mengenang 2020 yg sarat beban ketakutan ...kecemasan...karena musibah COVID 19 mengancam dunia khususnya di Indonesia....dan di 2021kita hrs melangkah terus walau blum tau apa yg akan terjadi tapi pasti ada perubahan yg jadi utk melawan yg tidak baik ...tidak benar...dan harus cerdas bersikap agar terus bermakna kehidupan kita. Selamat dtg thn baru...bwtlah hidup kita jadi baru.

    BalasHapus