Minggu, 15 November 2020

Saya Kembali Dari Tidur Yang Panjang

       Enam tahun saya tidak aktif di blog ini karena berbagai aktivitas dan hiruk pikuk menghampiri keseharian dan membuat saya menjadi seorang yang malas menulis di blog ini. Dimulai dari tahun 2014 bulan agustus saya memutuskan untuk kuliah dan akhirnya selesai tepat empat tahun di STF Driyarkara dan mengantungi ijazah sebagai seorang yang telah selesai belajar filsafat tahap dasar. Saya bahagia dan bangga atas keberhasilan itu dalam menyelesaikan S1 dan menulis skripsi dengan tema yangsaya pilih dari seorang tokoh filsafat terkenal dari Yunani kuno, Platon. Skripsi yang saya tulis adalah "Tafsir naratif Catherine Zuckert terhadap dialog-dialog Platon" dan dapat saya selesaikan dengan nilai A. Tentu saja hasil ini membuat saya bangga dan tak dapat tidur hampir tiga hari karena mengingat betapa proses penulisan tesis itu sangat berat dan penuh liku-liku. Saya memiliki seorang dosen pembimbing yang sangat tegas dan arif sehingga saya merasa sangat terbantu untuk menulis skripsi berbarengan dengan tugas-tugas terbang dan kegiatan berserikat di perusahan tempat saya bekerja. Tentu saja proses ini melelahkan dan menyita energi. Akan tetapi hasil yang saya terima bukan karena nilai A yang membuat saya tak tidur tiga hari, namun pengetahuan tentang menulis serta pendalaman filsafat Platon itulah yang akhirnya menuntun saya pada keinginan untuk belajar lebih keras lagi dan menggali terus tentang filsafat dan segala ilmu yang berkaitan di dalamnya termasuk politik. Saya tidak ingin cepat puas atas nilai yang telah didapat, dan saya memilih untuk kembali merancang supaya kembali masuk dan belajar untuk  menambah pengetahuan filsafat lebih baik lagi.


      Pada tahun 2018 bulan Agustus saya mendaftar di sekolah yang sama untuk mengambil studi di tingkat master dengan satu pendalaman ilmu filsafat politik. berangkat dari membaca dialog-dialog Platon (walaupun belum semua dibaca) saya melihat ada banyak teori politik yang dapat saya ambil sebagai satu dasar pendalaman filsafat politik yang harus saya tekuni sebagai spesifikasi ilmu yang kelak dapat saya kembangkan melalui tulisan-tulisan dan diskusi di ruang publik. Keterlibatan saya dalam serikat pekerja juga membutuhkan pemikiran-pemikiran politis yang harus digali dalam kerangka filosofis, sehingga kegiatan berserikat tidak semata hanya berpijak pada satu pembahasan tuntutan kaum pekerja semata, namun perlu pemikiran yang bijak agar dapat seimbang. Perjalanan ini kemudian yang membawa saya lama meninggalkan blog yang telah saya buat sejak tujuh tahun yang lalu ketika saya aktif bepergian dan menikmati jalan-jalan sambil menulis. Selama dua tahun saya belajar di tingkat master, sampailah saya pada saatnya menulis tesis di bawah bimbingan dosen yang sama. Hampir enam bulan proses menulis tesis belum dapat saya selesaikan karena banyak kegiatan dan masalah yang harus memaksa saya untuk memperlambat proses penulisan tesis tersebut. Minggu lalu saya kembali memecut diri saya untuk menyelesaikan bab dua yang kemudian harus saya kirimkan kepada dosen pembimbing untuk diperiksa, namun sampai saat ini saya masih berkutat dengan semua kerumitan dan akhirnya berhenti untuk istirahat sejenak.



        Saya tergelitik untuk kembali membuka blog dan memutuskan untuk beristirahat menulis tesis, sebab dengan menulis di blog ini, saya dapat menghilangkan kepenatan atas bacan-bacaan tesis tersebut. Saya ingin kembali mengaktifkan blog ini, dan menulis kembali dan berbagi, seperti tujuan awal blog ini dibuat. Saat ini saya kembali menulis tentang apa saja yang berhubungan dengan kondisi sosial masyarakat, serta perkembangan politik dan kehidupan di bumi yang patut dibagikan kepada kalian semua pembaca blog di manapaun kalian berada. Semoga di masa pandemi dan di sela-sela ketatnya tesis yang sedang saya tulis, blog ini mampu hidup dan menjadi satu lentera bagi saya dan pembaca yang senang berkelindan dalam dunia menulis, membaca dan diskusi.

      Masa hibernasi saya dalam blog ini telah berakhir, dan saya akan terus menulis mengisi setiap ruang di sela-sela hiruk pikuk pandemi dan keresahan manusia pekerja di Indonesia dengan hadirnya Undang-Undang Cipta Kerja.


Cibubur, 15 Nov 2020, diiringi teriakan Henrich, tokek kesayangan saya 😁





4 komentar:

  1. Semoga cpt selesai katong mau jalan "

    BalasHapus
  2. BAPA SURGAWI MEMBERKATI SEGALA USAHA DAN KERJA KERAS JACKIE.

    BalasHapus
  3. berkat terindah utk mu JQ .. salam dari Atto Juvenistina

    BalasHapus